Jam :)

Perbedaan antara kita (Guru Terhebat di BALI )

Kata bli nyoman, walaupun sebenarnya kita beda tapi kita tetep satu. Yah, aku menemui bli Nyoman di Bali, kebetulan dia adalah gaet bis 1, bis yang aku tempati. Subhanallah Ya Tuhan, dia sangat menghormati perbedaan agama antara kita, katanya perbedaan agama bukan berarti kita nggak bisa jadi satu. Dia yang mengajariku arti dari perbedaan, perbedaan dalam menjalin suatu hubungan. Mungkin aku udah nggak pernah bisa ketemu Bli Nyoman lagi, tapi aku selalu berharap kita dapat dipertemukan lagi oleh jarak dan waktu. Tuhan, dia seorang yang mengajariku arti menghormati satu sama lain, dia juga yang mengajariku cara menghormati perbedaan suatu budaya. Bli, aku kangen sama Bli nyoman, walaupun kita hanya dipertemukan sekejap tapi Bli merupakan guru terhebat yang pernah ku temui. Kata bli Nyoman, Tuhan itu memang satu, tapi cara penyembahan kita aja yang berbeda. Disana ada Dewa, yang disini kita sebut Allah. Idha Sang Hyang Widhi, mungkin itu adalah sebutan Tuhan bagi mereka, dan jika disini kita sebut sebagai Allah. Ohh Tuhaan,, dia yang membuatku membuka mata tentang suatu arti perbedaan, mungkin kita hindu dah islam takan pernah jadi satu, tapi sebenarnya kita adalah satu.
Mungkin disana banyak peraturan yang mungkin terlarang bagi agama kita, begitu pula sebaliknya. Tuhaann, bagaimana jika aku mencintai salah satu dari orang hindu disana, namanya Bagus Ngurah Purwaka, dia juga mengajariku arti sebuah perbedaan, katanya perbedaan bukanlah suatu halangan, tapi bagiku perbedaan adalah suatu hambatan untuk menjalani suatu hubungan. Aku rindu bali, pulau yang penuh dengan kejutan, yaahh kata Bli Goes bali adalah kota yang penuh dengan kejutan, kota yang penuh dengan kebudayaan dan itu yang membuatku merasa nyaman disana, itu yang membuatku menginginkan kembali kesana, walaupun tak lagi ditemani oleh Bli Nyoman, tapi setidaknya aku masih ditemani oleh ilmu-ilmu yang diberikan oleh Bli Nyoman, ilmu yang takan pernah kulupakan, ilmu yang sangat berguna... Apakah Cinta dapat berjalan jika terdapat suatu perbedaan yang mendasar ?? yaahh AGAMA, Cinta adalah suatu anugrah terindah yang seharusnya dapat kita jaga dengan baik, tapi sebaliknya, cinta dapat membuat bingung dan tertekan jika terdapat suatu perbedaan yang mendasar, AGAMA. Jika perbedaan itu semisal dari Islam-Hindu , apakah cinta itu dapat berjalan dengan baik ?? aku selalu bertanya apakah karena perbedaan iman kita tak dapat dipersatukan. Apa cinta dapat terhalang oleh perbedaan keyakinan ? karena aku sedang mengalami itu sekarang. Mencintai seorang Hindu, yahh hindu, mungkin sangat jarang tapi itu terjadi padaku, aku tak tahu bagaimana lagi harus ku jalani Ya Tuhan ?? aku kehilangan arah untuk menanyakan pada semuanya, mungkin semua itu berawal dari perkenalanku dengan Bli Bagus Ngurah Purwaka, sesak sekali untuk diingat tapi ini benar benar terjadi dan harus ku lewati. Suatu cobaan memang mencintai seseorang yang berbeda iman. Tapi anehnya aku merasa sangat nyaman ditengah” para hindu, aku nyaman dengan kekentalan adat dan agama disana. Mungkin diindonesia umat hindu hanya terdapatdi Bali, tapi saat aku pulang ke hindu”an dari bali ikut aku bawa. Tuhaaaannn yakinkan padaku jika Islamlah yang terbaik, mungkin itu hanya rasa kagumku terhadap Bali. Tolong hamba Tuhan :’(

0 komentar:

Posting Komentar